Senin, 05 Desember 2016

Plecing Kangkung Khas Lombok

Makanan Khas Indonesia, Plecing Kangkung, Plecing Ayam
Makanan Khas Indonesia, Plecing Kangkung, Plecing Ayam,  Plecing Kangkung Jawa, Plecing Kangkung Bali, Plecing Kangkung Lombok, Plecing Jawa, Plecing Lombok, Plecing Kacang Panjang, Plecing Crew


Salah satu makanan wajib bagi masyarakat Pulau Lombok, NTB. Sebenarnya, bahan dasar dan bumbu-bumbu untuk membuatnya mudah didapat dan sederhana.
Tapi, kangkung Lombok rasanya manis meski hanya direbus dan belum dibumbui. Ukuran batang kangkung Lombok juga lebih besar dibanding kangkung Jawa. Saat dimakan, rasanya juga lebih renyah.
Menurut cerita, kangkung Lombok ditanam dengan metode tertentu di sungai yang airnya mengalir. Yang aneh, biji kangkung Lombok tidak akan tumbuh sama persis jika ditaman di luar Pulau Lombok.
Dalam penyajiannya, plecing kangkung disajikan bersama sambal yang terdiri dari cabe rawit, tomat, garam dan terasi yang dihaluskan.
Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan juga perasan jeruk limau dan sayuran pendamping seperti taoge, kacang panjang dan kacang goreng.
Jika tidak suka sambal, urap dari parutan kelapa yang direbus bersama bumbu bisa kamu jadikan pilihan lain pelengkapnya.
Bagi kamu penggemar pedas, kamu juga bisa tambahkan cabe rawit sebanyak yang kamu mau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar